Wednesday 5 August 2015

di akhir bulan juni liburan panjang musim panas telah dimulai , libur musim panas di universitas IIUI ini cukup lama sekitar 3 bulan lamanya.  pas dibulan ini kebetulan bersamaan dengan bulan ramadhan, bagi mahasiswa yang ada kelas summer , dituntut untuk masuk dari pagi sampai siang hari dengan tantanganya panas yang lumayan panas, bisa mencapai 45 derajat celcius.

adapun mahasiswa yang tidak punya kelas summer tentunya libur , biasanya waktu-waktu seperti ini digunakan para mahasiswa umumnya pulang ke kampung masing-masing, adapun mahasiswa asing, indonesia khususnya sudah tidak jaman pulang ke kampungnya masing-masing tapi sudah level pulang antar negara , pulang ke negaranya masing-masing, hehe.

ada juga yang berlibur ,entah itu pergi ke india, turki mesir, jalan-jalan keliling pakistan, dan umroh , ( bagi yang punya uang ) :D.

tak kalah juga dari pihak universitas mengadakan trip, trip ke daerah gilgit baltistan, Naran kaghan, azad kashmir, swat kalam jabba , yang semua tempat itu adalah tempat-tempat yang indah dan mempesona.

ada juga yang pergi untuk tabligh, yakni ikut jama'ah tabligh , yang pusatnya di reiwind lahore pakistan. Mereka pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk berdakwah.


dan sebagian yang lain yang tidak bersafar dan tetap menetap di asrama kampus , tapi asrama tampak sepi hanya segilintir orang yang bertahan di asrama.
bersamaan dengan liburan musim panas adalah bulan ramadhan , jika dibayangkan saja puasa ramadhan di saat musim panas mungkin berat , ditambah lagi sahur pada jam 3 dini hari dan ifthor jam setengah 8 malam , 16 jam masa lamanya puasa disini, awal dimulainya puasa agak sedikit berat memang , tapi setelah hari selanjutnya dan selanjutnya puasa terasa ringan walau tantanganya berat.

bahkan di daerah provinsi sindh di bagian selatan pakistan , banyak yang meninggal sekitar 700 an lebih gara-gara hawa yang panas ditambah seringnya pemadaman listrik dan bersamaan dengan puasa ramadhan.

subhanallah , memang kita dituntut dan latihan untuk banyak banyak bersabar di pakistan ini di musim summer ini, musim summer (panas) akan berakhir di awal september dan akan berganti dengan musim gugur (fall sesion).

semoga liburan summer ini , bisa memberikan banyak faedah dan hikmah , barakallahu fiikum.

(khan/)

0 comments:

Post a Comment