Saturday 8 August 2015



Berbicara mengenai musim di sebuah Negara yang berbeda beda memang sangat menyenangkan apalagi sebuah negara itu mempunyai beberapa musim.seperti halnya musim yang terdapat di Negara Pakistan. Sebelum berbicara banyak tentang musim gugur di Islamabad (Pakistan), Mendengar negara Pakistan mungkin yang ada di benak sebagian besar rakyat Indonesia adalah sebuah negeri yang selalu dilanda konflik ,disamping itu didukung peberitaan media yang tidak sesuai relita, akan tetapi realita yang penulis rasakan tidak seperti yang ada , di benak sebagian orang. Disisi lain ternyata Pakistan mempunyai keindahan alam serta keindahan 4 Musim yang tersembunyi yang belum banyak diketahui banyak orang.

Negara Pakistan sendiri mempunyai 4 Musim yaitu :
Musim Panas (summer season) (فصل الصيف ), Musim gugur ) fall /autumn season( (فصل الخريف),
Musim dingin ( winter) (فصل الشتاء), dan Musim semi ( spring ) (فصل الربيع).


Musim gugur adalah  musim yang berada diantara musim panas yang akan berpindah atau berganti menuju musim dingin.Biasanya musim gugur ( fall/autumn season) di Islamabad dimulai sekitar  pertengahan bulan september sampai awal bulan Desember, ciri ciri awal yang bisa kita jumpai  diantaranya yaitu dengan berubahnya suhu yang semula panas kemudian sedikit demi sedikit, hari berganti hari, suhu yang panas tadi berubah menjadi dingin ( belum terlalu dingin) dengan pergantian suhu yang ada juga berpengaruh dengan kesehatan tubuh seseorang , maka dari itu bisa dibilang rawan sakit bagi yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah,  kemudian cirri ciri yang lain yang biasa kita jumpai yaitu dengan berubahnya warna sebagian daun.

 
Daun di musim gugur, yang semula daun yang berwarna hijau bisa berubah menjadi berbagai  warna seperti merah,orange,serta kuning.setelah dengan berubahnya warna daun, daun lama-kelamaan akan gugur,nah gugur nya daun biasanya jatuh dengan sendirinya dari pohon dan kadang pula jatuhnya bersamaan ketika ada angin yang berhembus, sudah pasti dan tidak diragukan lagi semua itu sudah dengan izin dan kehendak Allah Ta’ala,dengan jatuhnya daun yang terkena angin bisa dibilang memang pemandangan yang sangat indah. Disisi lain juga dengan bentuk daun yang belum pernah penulis temui, jenis pohon dan jenis daunnya di Indonesia.

Disaat musim gugur ini bagi para pelajar di IIUI pun memulai aktifitas formalnya kembali  yaitu memasuki semester musim gugur ( fall semester),setelah adanya libur yang lumayan panjang di musim panas sekitar 3 bulanan ( bagi yang tidak mempunya kelas di musim panas/ summer class).  Dan Fall Term (semester di musim gugur) terhitung mulai tanggal 1 September hingga 15 januari. Dan setelah itu dilanjutkan dengan semester musim semi ( spring semester). Musim gugur ini juga merupakan menjadi kelebihan yang bisa dirasakan para pelajar di IIUI Pakistan.

Alhamdulillah bi ni’matihi tatimus sholihat,,,
sedikit catatan ringan ini semoga bisa menambah wawasan dan iman kita kepada Allah Ta’ala serta mensyukuri ni’mat Allah Ta’ala yang diberikan kepada kita sebagai seorang Hamba serta semoga bermanfaat bagi penulis dan pembaca sekalian.


Barokallahu fikum.

(ibnu amir/)


1 comment: